Minggu, 16 Oktober 2016

5 ALASAN CUSTOMER BATAL BELANJA DI ONLINESHOP KAMU.

Banyak sekali hal-hal yang kurang diperhatikan oleh para penjual online yang berdampak kepada para pembeli yang akhirnya batal untuk membeli produk yang dijual.

Apa aja sih alasannya? Yuk simak beberapa alas an pembeli batal membeli produk kamu.
1.       Respon yang lambat
Yup ini sering banget terjadi sama pembeli yang lagi butuh “urgent”. Biasanya si pembeli ini pasti chatting lebih dari 1 penjual dan dia menunggu siapa yang bisa balas paling cepat dan itu adalah seller yang dia pilih.
Lalu, ga selalu pembeli urgent yang butuh respon cepet, kadang pembeli biasapun juga berpikir “waduh ini respon aja lambat, gimana nanti kalau sudah order da nada masalah? Bisa bisa gak digubris”. Masalah disini langsung terlihat adalah kepercayaan pembeli langsung hilang mengenai after services dari kamu.
2.       Produk yang tidak “related”
Mengenai hal ini akan sangat bergantung sekali dengan bagaimana kamu memberikan nama pada OL Shop kamu dan branding yang kamu bawa.
Jika kamu membawa nama seperti “took serba ada” mungkin tidak terlalu mempengaruhi, tetapi sebagai contoh jika kamu memang sudah memberikan nama “Andi Fashion” dan tiba-tiba kamu juga menjual produk elektronik dan makanan maka akan timbul pertanyaan dari pembeli apakah batul-betul kamu spesialisasi dalam menjual produk tersebut?
Hal ini sangat sensitive terhadap produk-produk yang memang butuh spesilisasi didalamnya seperti produk elektronikdan gadget.
3.       Komunikasi yang kurang ramah
Pernah dengarkan mengenai kata-kata “BAPER” ? yup, kata-kata yang sedang ngetren ini mungkin juga sedang melanda customer kamu. Jadi berhati-hatilah dengan kata-kata yang kamu gunakan ketika berkomunikasi dengan pembeli, dan jadilah orang yang paling baik sedunia ketika berkomunikasi dengan berbagai jenis pembeli.
4.       Tidak ada keterangan produk
Ini dia! Hal yang paling sering tidak diisi oleh penjual dikarenakan malas akan mengisi hal tersebut. Padahal, hal ini salah satu pertimbangan pembeli ketika akan membeli produk kamu loh.
Bayangkan saja jika kamu hendak membeli produk dan membandingkan penjual A yang mengisi sketerangan produk dengan rapid an jelaas sedangkan penjual B hanya menulis “READY STOCK”, kamu pilih yang mana? Disini terlihat jika pembeli dapat membandingkan penjual mana yang lebih niat untuk berjualan.
5.       Testimony pembeli lain
Pembeli kadang membutuhkan pembeli lain lho sebelum berkeputusan untuk membeli. Bukan hanya dari review produk kamu saja yang di perhatikan. Akan tetapi bisa dari secara keseluruhan yaitu layanan, kualitas produk dan lain-lain. Karena itu jika sudah ada yang membeli produk kamu dan punya testimonial bagus jangan lupa dipasang juga ya di deskripsi produknya.

                Hayo, siapa yang masih sering melakukan beberapa hal di atas? Yuk mulai sekarang lebih kenal customer kamu dan dapat order makin laris.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar