Banyak sekali hal-hal yang kurang diperhatikan oleh para
penjual online yang berdampak kepada para pembeli yang akhirnya batal untuk
membeli produk yang dijual.
Apa aja sih alasannya? Yuk simak beberapa alas an pembeli
batal membeli produk kamu.
1.
Respon yang lambat
Yup ini sering banget terjadi
sama pembeli yang lagi butuh “urgent”. Biasanya si pembeli ini pasti chatting
lebih dari 1 penjual dan dia menunggu siapa yang bisa balas paling cepat dan
itu adalah seller yang dia pilih.
Lalu, ga selalu pembeli urgent
yang butuh respon cepet, kadang pembeli biasapun juga berpikir “waduh ini
respon aja lambat, gimana nanti kalau sudah order da nada masalah? Bisa bisa
gak digubris”. Masalah disini langsung terlihat adalah kepercayaan pembeli
langsung hilang mengenai after services dari kamu.
2.
Produk yang tidak “related”
Mengenai hal
ini akan sangat bergantung sekali dengan bagaimana kamu memberikan nama pada OL
Shop kamu dan branding yang kamu bawa.
Jika kamu membawa nama seperti “took
serba ada” mungkin tidak terlalu mempengaruhi, tetapi sebagai contoh jika kamu
memang sudah memberikan nama “Andi Fashion” dan tiba-tiba kamu juga menjual
produk elektronik dan makanan maka akan timbul pertanyaan dari pembeli apakah
batul-betul kamu spesialisasi dalam menjual produk tersebut?
Hal ini sangat sensitive terhadap
produk-produk yang memang butuh spesilisasi didalamnya seperti produk
elektronikdan gadget.
3.
Komunikasi yang kurang ramah
Pernah dengarkan
mengenai kata-kata “BAPER” ? yup, kata-kata yang sedang ngetren ini mungkin
juga sedang melanda customer kamu. Jadi berhati-hatilah dengan kata-kata yang
kamu gunakan ketika berkomunikasi dengan pembeli, dan jadilah orang yang paling
baik sedunia ketika berkomunikasi dengan berbagai jenis pembeli.
4.
Tidak ada keterangan produk
Ini dia! Hal yang
paling sering tidak diisi oleh penjual dikarenakan malas akan mengisi hal
tersebut. Padahal, hal ini salah satu pertimbangan pembeli ketika akan membeli
produk kamu loh.
Bayangkan saja
jika kamu hendak membeli produk dan membandingkan penjual A yang mengisi
sketerangan produk dengan rapid an jelaas sedangkan penjual B hanya menulis “READY
STOCK”, kamu pilih yang mana? Disini terlihat jika pembeli dapat membandingkan
penjual mana yang lebih niat untuk berjualan.
5.
Testimony pembeli lain
Pembeli kadang
membutuhkan pembeli lain lho sebelum berkeputusan untuk membeli. Bukan hanya
dari review produk kamu saja yang di perhatikan. Akan tetapi bisa dari secara
keseluruhan yaitu layanan, kualitas produk dan lain-lain. Karena itu jika sudah
ada yang membeli produk kamu dan punya testimonial bagus jangan lupa dipasang
juga ya di deskripsi produknya.
Hayo,
siapa yang masih sering melakukan beberapa hal di atas? Yuk mulai sekarang
lebih kenal customer kamu dan dapat order makin laris.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar